Sayur Ares, Makanan Khas Suku Sasak Lombok Yang Unik

sayur ares makanan khas suku sasak lombok

Ares merupakan kuliner khas Lombok yang relatif jarang ditemui. Namun Ares menjadi sajian wajib di kala masyarakat Suku Sasak menggelar hajatan seperti acara resepsi pernikahan, khitanan, gotong royong maupun perhelatan yang menghadirkan banyak orang yang disebut ‘Begawe’.

Bagi traveler yang ini menikmati makanan khas Lombok yang unik ini, sayur ares,  dapat berkunjung ke desa-dsa wisata seperti desa Kembang Kuning, kecamatan Sikur Lombok Timur.

sayur ares ini dibuat dari batang pohon pisang kepok yang diambil bagian paling dalam. Setelah itu, bagian ini diiris tipis-tipis, kemudian dicampur dengan garam dan air secukupnya untuk menghilangkan getah dari ares ini. Setelah itu, batang ares yang sudah diberi garam dan air kemudian diremas-remas hingga menjadi bagian yang lebih kecil lagi.

Kedebong pisang yang sudah diiris tipis-tipis bahan baku sayur ares khas lombok
Kedebong pisang yang sudah diiris tipis-tipis bahan baku sayur ares khas lombok

Setelah dicuci bersih, batang ares ini kemudian dimasukkan ke dalam air yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga mendidih. Langkah selanjutnya yaitu tinggal memasukkan bumbu-bumbu dan diaduk hingga masak.

Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain jahe, kemiri, laos, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan santan. Setelah ares terasa kenyal, baru bisa diangkat dari perapian dan siap dihidangkan.

Bumbu Ares
Pembuatan Bumbu Ares

Rasa sayur ares yang gurih, pedas manis sangat cocok dipadukan dengan santan kelapa. Selain rasa yang enak, ares memiliki banyak nutrisi. Selain karena indeks glikemik yang rendah membuat makanan ini aman untuk penderita diabetes, ares juga mengandung kalium, vitamin, dan serat yang tinggi. Pas banget untuk menu unik sehat sembari meningkatkan imun tubuh.

 

Komentar