Lomba Bergasingan Se-Pulau Lombok Akan Diadakan di Lombok Timur, dalam rangka HUT RI

Begasingan permainan tradisional lombok

Begasingan merupakan salah satu permainan tradisional Lombok yang masih tetap dilestarikan. Turnamen Begasingan se-Pulau Lombok akan segera diselemggarakan oleh tim Begasingan Tunggal Galih  yang di beri nama Turnamen Begasingan Tunggal Galih Cup.

Turnamen begasinga tersebut akan digelar di lingkungan Batu Mulut Kelurahan Denggen, Kecamatan Selong, Lombok Timur.  Turnamen tersebut akan berjalan selama dua bulan. Dimulai dari tanggal 22 Agustus sampai dengan tanggal 22 Oktober mendatang.

Ketua Panitia, Lalu Guruh Aprianto menyatakan bahwa turnamen Begasingan Tunggal Galih Cup tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke-77 tahun sekaligus untuk melestarikan budaya Lombok.Dengan jumlah tim yang akan mengikuti turnamen begasingan itu diperkirakan sekitar 40 tim begasingan yang tersebar di pulau Lombok.

Turnamen begasingan tersebut nantinya akan menggunakan sistem kompetisi penuh yang akan dibagi menjadi empat pool. Sehingga masing-masing pool akan mengeluarkan empat tim juara untuk masuk ke babak 16 besar.

Persyaratan untuk bisa mengikuti turnamen itu yang paling utama ialah harus memiliki tim begasingan yang berjumlah minimal 10 orang, kurang dari itu tidak bisa ikut serta dalam turnamen. Selain itu, membayar uang pendaftaran sebesar Rp500 ribu per tim, berat gasing maksimal 2,3 kilogram untuk atas dan 2 kilo untuk bawah dan peserta turnamen harus memakai pakaian adat Sasak saat turnamen berlangsung.

Komentar