Kuburan Batu Sarkofagus di Cagar Budaya Ai Renung, Jejak Kehidupan Manusia Purba di Sumbawa

Kuburan Batu, Sarkofagus, situs ai renung, desa Batu Tering Sumbawa,  wisata di sumbawa,

Kabuapaten Sumbawa menyimpan jejak purbakala berupa sisa peninggalan kebudayaan megalitikum. Peninggalan berupa batu-batu besar tersebut tersebar di berbagai lokasi salah satunya satunya sarkofagus (kuburan batu ) ai renung, di desa batu tering kecamatan moyo hulu.

Di situs Ai Renung dahulu merupakan pusat kerajaan kecil di wilayah Moyo Hulu, sebagian masyarakat menyebutnya sebagai Desa Talo. Masyarakat Desa Batu Tering percaya, di sini pernah bertahta seorang raja bernama Datu Ai Renung. Desa Talo kemudian ditinggal enghuninya pindah ke Desa Batu Tering.

Situs_batu_dikategorikan_sebagai_batu_sarkofagus_yang_berarti_makam_batu
Batu sarkofagus yang berarti makam batu (foto: Indonesiakaya)

Desa batu tering berada sekitar 39 KM arah selatan dari kota sumbawa besar, ibu kota kabupaten sumbawa Nusa tenggara Barat, desa ini bisa di jangkau sekitar 1 jam melalui jalan lintas sumbawa kemudian memotan jalan via jalan sumbawa-lunyuk. Setelah sampai di batu tering, pengunjung harus melanjutkan perjalanan sekitar 20 menit kekawasan perbukitan di sisi barat desa tempat situs ai renung berada.

Di ai renung terdapat tujuh sarkofagus yang di prediksi ada sejak tahun 2000 SM, ke tujuh sarkofagus tersebut tersebar di lima titik. Lokasi pertama terdapat dua buah sarkofagus, lokasi dua berjarak 50 m dari lokasi pertama. Lokasi ke 3 berjarak 150 m dari lokasi pertama. Lokasi ke empat berjarak 250 m arah barat laut dari lokasi pertama. Sedangkan lokasi ke lima cukup jauh hamper 1KM dari lokasi pertama. 

Bentuk kuburan yang memiliki wadah dan penutup ini dianggap para ahli merupakan salah satu bentuk kecerdasan manusia pada zamannya. Saat itu, mereka telah mampu menggunakan akalnya untuk membuat penutup yang diukir dari batu. Pahatan yang terlihat di kuburan batu dipercaya sebagai pemikiran yang sangat maju. 

relief sarkofagus di situs ai renung, desa batu tering
Relief di kuburan batu sarkofagus di situs Ai Renung, Sumbawa (foto: Retno)

Di beberapa sarkofagus terdapat relief yang secara umum menggambarkan kesuburan, kehidupan dan alam ruh. Kesuburan digambarkan lewat motif manusia dengan menonjolkan pada alat kelamin perempuan, kehidupan digambarkan lewat motif kepala manusia, motif ini juga untuk melambangkan upaya pencegahan dari marabahaya. Sedangkan hubungan dengan alam ruh dilambangkan dengan buaya yang di pahat di peti batu.

Berkunjung ke situs ini menambah wawasan dan pengetahuan baru dan merupakan tempat wisata yang beda diantara tempat wisata yang umum di Kawasan NTB yaitu gunung dan pantai.

Komentar