Sebelum Ke Lombok Atau Sumbawa, Ini yang Perlu Anda Tahu

Visi Lombok Sumbawa

Pulau Lombok dan Sumbawa, termasuk juga di dalamnya ratusan pulau-pulau kecil dan pulau karang (atol) serta lautan di sekitarnya, terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau Lombok yang pada masa penjajahan disebut dengan Sunda Kecil. Sebagai salah satu tujuan wisata terke­nal di Indonesia, NTB menawarkan keindahan alam, budaya, dan aktivitas menarik bagi wisatawan. Pulau Lombok didiami oleh Suku Sasak dan Pulau Sumba­wa didiami oleh Suku Samawa dan Mbojo. Di Lombok terdapat pantai-pantai yang indah dengan pasir pu­tih yang memesona. Keindahan laut yang biru jernih seakan menantang wisatawan untuk berenang dan me­nikmati keindahan bawah laut. Di bagian timur pulau ini, menjulang tinggi gunung berapi aktif, menyajikan peman­dangan yang menawan. Itulah Gunung Rinjani dengan puncak setinggi 3.726 m dpl. Rinjani dikenal juga sebagai area trecking dan pendakian bertaraf internasional. Lom­bok dikelilingi juga oleh pulau-pulau kecil yang menyajik­an tempat untuk kegiatan snorkeling, diving serta olahraga memancing di laut yang tenang dan jernih.

Di sebelah timur Lombok, terdapat pulau Sum­bawa yang tak kalah menarik. Destinasi wisata pantai yang memesona , pegunungan daerah vulkanik dengan pemandangan yang indah, dan peninggalan masa pra sejarah. Gunung Tambora mendominasi bagian utara Pulau Sumbawa. Sejarah letusannya yang menghitam­kan langit dunia. Pantai selatan Pulau Sumbawa yang berhadapan langsung dengan pantai lepas, ombakn­ya yang sungguh mengagumkan. Para pecinta selan­car dari seluruh dunia kerap mencoba menaklukkan tantangan gelombangnya yang tinggi.

Selain keindahan alamnya, Lombok dan Sumbawa juga kaya akan kesenian tradisi, kuliner, dan hasil ker­ajinan. Akomodasi di Lombok meliputi hotel lokal dan hotel berbintang bertaraf internasional. Di Sumbawa terdapat resort serta hotel kelas menengah seperti di pantai Hu’u, Maluk atau Sekongkang di barat daya Sumbawa. High season untuk kunjungan wisatawan terjadi pada pertengahan Juni dan September serta setelah natal dan tahun baru. Umumnya, musim hujan berlangsung sekitar bulan Oktober-Maret. Sedangkan musim kemarau biasanya berlangsung antara bulan April hingga bulan September. Suhu di Lombok dan Sumbawa berkisar antara 21-33 derajat celcius.

Lombok dan Sumbawa memiliki kekayaan kuliner khas dengan cita rasa makanan yang gurih dan menggoda. Selain makanan khas suku Sasak, Samawa dan Mbojo, di sini anda juga bisa menemukan masakan Padang, Jawa, China, Korea, dan juga Arab di berbagai rumah makan yang ada di Lombok dan Sumbawa.

Komentar