Pulau Moyo, Surga Tersembunyi Bagi Pencinta Snorkling

Snorkling di pulau moyo

Salah satu tempat wisata yang sedang trend di Nusa Tenggara Barat adalah Pulau Moyo. Keindahan pulau Moyo telah terkenal hingga mancanegara dan telah dikujung oleh selebriti kelas dunia

Pulau Moyo berada di kawasan teluk saleh, sekitar 2,5 km sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km persegi, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km.

Pulau Moyo dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. Daratannya di tumbuhi pepohonan yang rindang sehingga suasana di pulau moyo menjadi sejuk.

Bagaimana Mencapai Pulau Moyo?

Untuk mencapai Pulau Moyo, tentunya anda harus ke Kabupaten Sumbawa, NTB terlebih dahulu. Jika anda dari Mataram (Lombok), dapat ditempuh dengan perjalan darat dan laut menggunakan Bis, kemudian menyebrang melalui Pelabuhan Kayangan ke Pototano kemudian melakukan perjalanan darat lagi. Waktu tempuh dari Mataram ke Sumbawa sekitar 6 jam. Anda cukup mengeluarkan uang untuk Biaya transportasi menuju sumbawa  Rp.100.000,- sampai Rp 150.000,-

Beda hal nya dengan jalur Udara, anda harus memilih penerbangan menuju bandara Sultan Kaharudin yang terletak di sumbawa.

Setelah sampai di Sumbawa, saat nya melanjukan perjalanan ke Pulau Moyo dengan menaiki fastboat dari Pelabuhan Badas menuju Labuhan Aji (pelabuhan yang terletak di Pulau Moyo). Biaya penyeberangan dengan fastboat  Rp 75.000.

Jika kamu pergi beramai-ramai kamu bisa lebih hemat dengan menyewa kapan nelayan tapi tentu waktu tempuhnya lebih lama.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Moyo?

Pulau Moyo menyuguhkan destinasi wisata yang Mantap Betul, membayar kontan kelelahan anda selama perjalanan yang memakan waktu ber jam-jam.

Di Pulau Moyo anda dapat menikmati suasan hutan tropis yang sejuk, anda dapat berenang disungai, dan menikmati pemandangan air terjun Mata Jitu dan Diwu Mbai yang memukau.

Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo

Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo

Bagi anda yang suka trecking Pulau Moyo dapat menjadi destinasi wisata yang harus anda kunjungi. hutan hujan tropis Pulau Moyo harus anda jelajahi di setiap jengkalnya.

Keluar dari hutan, anda akan menjumpai pantai dengan hamparan pasir putih yang indah. Bagi anda yang ingin menikmati alam bawah laut, Anda bisa mengunjungi Takat Sagale untuk ber-senorkling. Takat Sagale merupakan sebuah gundukan karang mati yang hanya terlihat saat air laut sedang surut, lokasinya masih di pantai Pulau Moyo.

Pantai-pantai di Pulau Moyo terbilang masih sepi dan sangat alami. Begitu juga dengan pemandangan alam bawah lautnya yang hanya dengan snorkeling saja, anda sudah bisa melihat terumbu karang yang indah dengan ikan-ikannya berbagai jenis. Beberapa pantai yang bisa anda kunjungi antara lain Pantai Satu, Pantai Ai Manis, Tanjung Pasir, Brang Sedo, dan masih banyak lainnya.

Pasir Putih di Tanjung Pasir Pulau Moyo

Pemandangan pasir putih di pantai Tanjung Pasir

Komentar